Sabtu, 24 Oktober 2015

Wonderful WOOL (2)



Kelebihan Wol

Wol digunakan untuk membuat sweater, gaun, coat, jas, jaket, celana, dan pelapis sepatu bot. Juga bisa dibuat selimut dan karpet. Kelebihannya antara lain :
  • Benang wol mudah diproses dan diwarnai. 
  • Setelah menjadi tekstil, wol mudah dijahit dan tidak kusut.
  • Sebagai kain, wol anti bakar, juga sangat awet. 
  • Berkat kemampuannya menyerap cairan, wol tidak terasa lembap atau lengket pada tubuh ketika dipakai.
  • Wol termasuk tekstil yang ringan dan serbaguna.
  • Wol tidak mudah kusut dan bersifat menangkal kotoran. 
Kekurangan Wol

Satu-satunya kekurangan wol, fiber wol pada dasarnya terdiri dari protein. Hal inilah yang menyebabkan wol diincar oleh beberapa jenis serangga, termasuk ngengat dan kutu karpet.
Ada beberapa cara untuk mencegah serangga-serangga ini menyerang busana wol anda. sebelum menyimpannya untuk waktu yang lama, cuci wol anda baik-baik dengan menggunakan deterjen alami seperti yang terbuat dari kayu cedar. Idealnya, busana wol anda disimpan dalam kantung yang terbuat dari katun dan ditutup rapat.

Kantung dari katun memberi wol anda kesempatan untuk "bernafas". Jangan gunakan kantung plastik. Sisa cairan dalam wadah penyimpan dapat menyebabkan bau tidak sedap, bahkan membuat wol berjamur.

Merawat Wol

Perawatan yang layak bagi wol mulai dengan mengikuto petunjuk pada label, dan yang paling aman tentu menyerahkannya pada laundry. Wol harus diistirahatkan diantara dua kali pemakaian, untuk mempertahankan bentuknya. Ketika disimpan wol tidak boleh dibiarkan berdesakan dengan pakaian lain dan jangan pula digantung, karena akan mulur. Menyikat wol dapat menyingkirkan kotoran dan noda sebelum terlanjur mengendap. Wol sebaiknya dikeringkan dengan dibaringkan ditempat yang bersuhu ruangan, bukan dijemur dibawah sinar matahari.

Dikutip dari : Book Fashion Pro
 (bersambung) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar